Malaysia Tantang Durian Thailand

      
      Malaysia akan mengekspor Durian ke China. Menteri Pertanian Malaysia, Noh Omar, mengatakan ekspor Durian ini akan dimulai pada puncak panen antara Juli dan September. 



      Terobosan ini dicapai setelah Perdana Menteri China Wen Jiabao berkunjung ke Kuala Lumpur bulan lalu dan secara resmi menyepakti ekspor Durian. Ini merupakan tantangan bagi monopoli Thailand dalam penjualan buah ini.

      Ahmad Ishak, Kepala Pemasaran Pertanian Malaysia, mengatakan kepada kantor berita Bernama, negara itu memproduksi sekitar 330 ribu ton Durian setiap tahun, sebagian besar untuk konsumsi dalam negeri. "Kami akan mengekspor Durian beku dengan biji dan tanpa biji," kata Ahmad seperti dikutip Bernama.

      Durian tumbuh subur di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, Filipina, Kamboja, Brunei dan Vietnam. Namun Thailand mendominasi perdagangan Durian selama lebih dari tiga puluh tahun. Thailand mengekspor 138 ribu ton Durian tahun lalu ke China dengan nilai hampir US$ 70 juta atau sekitar 60 persen dari ekspor Durian global negara itu.

      Durian Thailand biasanya diekspor sebelum matang dan tiba di negara tujuan saat sudah siap disantap. Namun jenis Durian di Malaysia harus ditunggu matang di pohon dan karena itu harus dikirim dalam bentuk beku. Para pejabat Malaysia meminta para petani untuk meningkatkan produksi agar permintaan dalam negeri tidak terganggu setelah ekspor ke China dimulai.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Minggu Ini

Follower